Minggu, 05 Januari 2014

TERMINOLOGI TRANSMISI

A.TerminologiTransmisi

Transmisi data terjadi di antara transmitter dan receiver melalui beberapa media transmisi. Media transmisi dapat digolongkan sebagai guided atau unguided. Pada kedua hal itu, komunikasi berada dalam bentuk gelombang elektromagnetik. dengan guided media, gelombang dikendalikan sepanjang jalurfisik; contoh-contoh guided media adalah twisted pair, coaxial cabel, serta fiber optik. Unguided media menyediakan alat untuk mentransmisikan gelombang-gelombang elektromagnetik namun tidak mengendalikannya; contohnya adalah perambatan (propagation) di udaradanlaut.
Istilah hubungan langsung  dipergunakan untuk menunjuk pada jalur transmisi di antara dua perangkat di mana sinyal dirambatkan secara langsung dari transmitter menuju receiver tanpa melalui peralatan perantara, berbeda dengan amplifier atau repeater yang dipergunakan untuk meningkatkan kekuatan sinyal. Patut dicatat bahwa istilah ini dapat diterapkan untuk media guided dan unguided.
Media transmisi guided adalah ujung keujung bila ia menyediakan suatu hubungan langsung di antara dua perangkat dan membagi media yang sama. Pada sebuah bentuk multipoint guided, lebih dari dua perangkat membagi media yang sama.
Sebuah transmisi dapat berupa simplex, half duplex, atau full duplex. Padatransmisi simplex, sinyal ditarnsmisikan hanya pada satu direction (arah); satu station sebagai transmitter dan yang lainnya  sebagai receiver. Pada operasihalf duplex, kedua station dapatmentransmisikan, namun hanyasatu station pada saat yang sama. Sedangkan padaoperasi full duplex, kedua station bias mentransmisikan secara bersamaan. Pada kasus berikutnya, media membawa sinyal pada kedua arah pada saat yang sama. Bagaimana hal ini bias terjadi?
Kita mencatat bahwa definisi yang baru saja diberikan merupakan definisi yang paling umum digunakan di AmerikaSerikat (Definisi ANSI). (Dalamdefinisi ITU-T) istilah simplex dipergunakan untuk menafsirkan hal duplexsebagaimana yang djelaskan sebelumnya, dan istilah duplex dipergunakan untuk menafsirkan half duplexseperti yang barusa jadi terangkan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar